Beberapa Penyebab Klaim Asuransi Ditolak

Terjadi kecelakaan atau kerusakan pada kendaraan Anda memanglah hal yang kurang menyenangkan. Apalagi jika kendaraan Anda tanpa tercover asuransi, pasti akan menanggung kerugian pembiayaan yang membengkak juga. Namun apakah Anda tahu jika kendaraan yang tercover asuransi juga bisa ditolak oleh pihak penyedia jasa asuransi? Jangan samapai Anda mengalaminya ya.

Berikut ini beberapa hal yang mungkin bisa menggagalkan Anda untuk kalim asuransi,

1. Laporan Klaim melebihi batas waktu

pengajuan klaim asuransi kendaraan umumnya memiliki batas waktu, yakni maksimal 60 hari. Jadi begitu kerusakan terjadi, segera laporkan permasalahan tersebut. Sebisa mungkin, dokumentasikan hal-hal yang menyangkut risiko sebagai bukti. Sebagai contoh apabila kendaraan Anda rusak karena tabrakan, Anda bisa mendokumentasikan segera kondisi kendaraan sampai kondisi kejadian, kemudian segera melaporkannya ke perusahaan asuransi terkait.  

2. Dokumen Laporan klaim tidak sesuai atau tidak lengkap

Ada beberapa dokumen yang perlu disiapkan dalam memproses klaim asuransi mobil. Anda bisa mengetahui dokumen apa saja yang perlu dilengkapi setelah melapor permasalahan yang terjadi pada kendaraan Anda ke perusahaan asuransi.  

Namun umumnya, ada beberapa dokumen pasti yang perlu disiapkan sebagai cara klaim asuransi mobil kredit. Dokumen-dokumen tersebut, antara lain SIM, KTP, STN, serta polis asuransi mobil yang dimiliki. Foto kerusakan mobil juga cenderung diperlukan sebagai bagian dari syarat pengajuan klaim asuransi mobil kredit yang Anda miliki.  

3. Jenis Kalim tidak sesuai dengan polis tertanggung

Dalam sebuah polis asuransi akan tertera secara spesifik apa saja cakupan perlindungan yang diberikan. Selain itu, akan dipaparkan juga di dalam dokumen polis, aturan perkecualian yang bisa membatalkan perlindungan sehingga mempengaruhi klaim kelak.

Asuransi mobil yang memberi proteksi kehilangan saja (Total Loss Only). Ketika suatu saat mobil kamu penyok akibat terjebak aksi kerusuhan di tengah kota, tapi tidak sampai hilang, sudah pasti pihak asuransi tidak akan menerima klaim Anda.

4. Kerusakan terjadi sebelum kendaraan diasuransikan

Hal ini tentunya akan ditolak olek perusahaan asuransi terkait, contoh kendaraan Anda terjadi kerusakan pada tanggal 22 Januari 2024, sedangkan Anda baru mendaftarkan ke perusahaan Asuransi pada tanggal 26 Januari 2024, maka perusahaan tidak akan memberikan pertanggungan karena waktu kejadikan merupakan sebelum terdaftar pada perusahaan asuransi.

5. Masa pertanggungjawaban Asuransi sudah kadaluarsa

Pada poin ini merupakan kebalikan dari poin nomor 4. Sebagai contoh, kendaraan anda mengalami kerusakan pada hari ini, sedangkan masa pertanggungjawaban asuransi telah habis seminggu yg lalu. Maka perusahaan asuransi akan menolak klaim kendaraan Anda.

Demikian beberapa hal yang dapat menggagalkan klaim asuransi kendaraan Anda, Berniat klaim asuransi di Honda Anugerah Body & Paint? Pastikan berkas yang dibutuhkan lengkap ya, Dan tenang saja bagi Anda yang bingung mengenai prosedur klaim, kami bantu proses klaim dari awal sampai akhir.

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *